PERINTAH PADA MICROSOFT EXCEL
1. Shortcut yang sering digunakan
Terdapat berbagai shortcut dasar yang cukup sering digunakan dalam Microsoft Excel.
Menutup lembar kerja= Ctrl+W
Membuka lembar kerja= Ctrl+O
Masuk ke tab Beranda= Alt+H
Menyimpan lembar kerja= Ctrl+S
Salin/copy= Ctrl+C
Tempel/paste= Ctrl+V
Batalkan= Ctrl+Z
Hapus konten sel= Delete
Pilih warna isian= Alt+H, H
Potong= Ctrl+X
Masuk ke tab Insert= Alt+N
Menebalkan= Ctrl+B
Ratakan konten cell ke tengah= Alt+H, A, C
Masuk ke tab Data= Alt+A
Hapus kolom= Alt+H, D, C
Masuk ke tab Rumus= Alt+M
Menyembunyikan baris yang dipilih= Ctrl+9
Menyembunyikan kolom yang dipilih= Ctrl+0
2. Shortcut untuk navigasi
Dalam bekerja, kamu tentu memerlukan navigasi untuk mengoperasikan beberapa fungsi Excel.
Tidak perlu melalui langkah panjang, berikut beberapa shortcut Microsoft Excel yang dapat kamu gunakan.
Berpindah ke cell sebelumnya dalam lembar kerja atau opsi sebelumnya= Shift+Tab
Berpindah satu cell ke atas dalam lembar kerja= Tombol panah atas
Berpindah satu cell ke bawah dalam lembar kerja= Tombol panah bawah
Berpindah satu cell ke kiri dalam lembar kerja= Tombol panah kiri
Berpindah satu cell ke kanan dalam lembar kerja= Tombol panah kanan
Berpindah ke bagian awal lembar kerja= Ctrl+Home
Pindahkan satu layar ke bawah dalam lembar kerja= Tombol Page Down
Memindahkan satu layar ke atas di lembar kerja= Tombol Page Up
Baca Juga: Cari Tahu Apa Itu Big Data Analytics di Sini
3. Memformat cell
Selanjutnya, kamu tentu perlu mengubah-ubah bentuk dan format sel yang kamu kerjakan.
Cukup banyak shortcut Microsoft excel yang bisa kamu gunakan.
Memasukkan waktu saat ini= Ctrl+Shift+titik dua (:)
Memasukkan tanggal saat ini= Ctrl+titik koma (;)
Salin rumus dari cell di atas cell aktif ke dalam cell atau Bar Rumus= Ctrl+apostrof (‘)
Menempelkan (paste) konten pada cell, mengganti pilihan apa pun= Ctrl+V
Buka dialog special paste= Ctrl+Alt+V
Memasukan hyperlink= Ctrl+K
4. Shortcut untuk action atau tindakan
Action yang dimaksud seperti berpindah cell, menandai cell yang diinginkan, hingga undo dan redo.
Berikut shortcut Microsoft Excel yang kamu butuhkan.
Memulai garis baru dalam cell yang sama= Alt+Enter
Mengisi seluruh rentang cell yang dipilih dengan data yang sama= Ctrl+Enter
Melengkapi entri cell dan memilih cell di atasnya= Shift+Enter
Memilih seluruh kolom di lembar kerja= Ctrl+Spacebar
Memilih seluruh baris di lembar kerja= Shift+Spacebar
Memilih semua objek di lembar kerja= Ctrl+Shift+Spacebar
Mengulangi perintah atau tindakan terakhir, jika memungkinkan (redo)= Ctrl+Y
Membatalkan tindakan terakhir (undo)= Ctrl+Z
Posting Komentar untuk "PERINTAH PADA MICROSOFT EXCEL"